RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TERINTEGRASI MATERI
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KARAKTER
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/I
Standar Kompetensi : Pantun
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui
pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar : 8.1. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat
pantun
Indikator : 1. Siswa mampu menentukan materi/bahan
menulis pantun sesuai konteks
2. Siswa mampu menulis pantun
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta
didik mampu
- menyebutkan ciri-ciri pantun;
- menulis pantun;
- menggunakan peribahasa untuk menyampaikan
berbagai keperluan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.
Materi Ajar
Pantun tentang lingkungan
Contoh pantun tentang
lingkungan
Tebang
nipah buang daunnya
Bercermin
mewah di rumah batu
Buanglah
sampah pada tempatnya
Cerminan
siswa SMP satu
Pekan Sabtu pergi ke taman
Lengkap dengan
bekal si Marning
Mari menanam
seribu tanaman
Untuk mengurangi
Global Warming
Dari
lembaga ke bagan kota
Hendak
melepas kereta kencana
Mari
menjaga lingkunan kita
Kelak
hidup bebas bencana
Buah naga di kebun Pak Dolah
Mekar sekuntum berkhayal semu
Mari menjaga lingkungan sekolah
Agar mudah mendapatkan ilmu
C.
Metode Pembelajaran
v Contoh
v Tanya jawab
v Latihan
v Penugasan
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
Apersepsi :
o
Bertanya
jawab tentang ciri-ciri pantun
Motivasi :
o
Dapat
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
B.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Memerhatikan contoh pantun tekun;
o
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain; kreatif
o
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya; tanggung jawab
o
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
o
Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; tekun;
o
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis; tanggung jawab
o
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; berani
o
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
o
Bertanya jawab tentang isi pantun (ciri-ciri
kebahasaan pantun)
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F Melengkapi
pantun
C.
Kegiatan Akhir
o
Mempelajari materi kebahasaan, kemudian
mengerjakan latihan
o
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
o
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
o
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
o
menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.
Sumber/Bahan/Alat
a.
Contoh
pantun: nasihat, jenaka, teka teki, agama
b.
Peribahasa
c.
VCD
d.
Narasumber
e. Buku
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·
Mampu
menulis pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
·
Tulislah
sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
|
Bentuk tes: lisan
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Menentukan
syarat/ciri pantun
a.
Benar (3)
b.
Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1)
|
5
|
|
2
|
Kreativitas
a.
Baik (3)
b.
Kurang baik (2)
c.
Tidak baik (1)
|
5
|
|
3
|
Penggunaan
bahasa sesuai dengan karakteristik bahasa
pantun
a.
Benar (3)
b.
Kurang benar (2)
c.
Tidak benar (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir : Skor yang diperoleh
X 100
Skor
maksimal
Mengetahui Pakel, Januari 2015
Kepala SMP l Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment