Saturday, April 2, 2016

RPP PKn SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


I.          Identitas :
Satuan Pendidikan              :  SMPN 2 Gondang
Mata Pelajaran                    :  Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester                   :  VII – B / I
Alokasi Waktu                     :   3  x  40 menit ( 1 x pertemuan )

II.       Standar Kompetensi      :
2.  Mendiskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama.

III.    Kompetensi Dasar         :
2.1 Menjelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan.

IV.  Indikator                        :
2.1.1  Menjelaskan secara singkat pengertian perjuangan.
2.1.2 Mendiskripsikan ciri – cirri perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908.


IV.          Tujuan Pembelajaran :
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat memahami arti perjuangan sehingga dapat menambah kecintaannya terhadap tanah air Indonesia.
2.      Berdasarkan informasi yang didapat dari guru dan buku materi yang telah dibaca, siswa dapat mendeskripsikan ciri – ciri perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908 dengan bahasa sendiri dan penyampaian yang santun.

V.             Materi Pembelajaran :

·         Pengertian Perjuangan
Perjuangan merupakan suatu usaha untuk meraih sesuatu yang diharapkan demi kemuliaan dan kebaikan. Pada masa penjajahan, perjuangan adalah segala usaha yang dilakukan dengan pengorbanan, peperangan dan diplomasi untuk memperoleh atau mencapai kemerdekaan. Sementara itu pada awal kemerdekaan, perjuangan dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan.

·         Ciri – ciri perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908
Bangsa Indonesia sudah lama berjuang untuk meraih kemerdekaan. Namun sebelum tahun 1908 perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Dalam perjuangan ini masih sering mengalami kekalahan dikarenakan :
-          Perjuangan masih bersifat kedaerahan.
-          Menggunakan senjata tradisional
-          Perjuangan belum terorganisir.
Sejak tahun 1908 kesadaran bangsa Indonesia untuk merdeka sudah mulai tumbuh, hal ini ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang dikenal dengan hari kebangkitan nasional pertama bangsa Indonesia. Lahirnya Budi Utomo merupakan babak baru bagi bangsa Indonesia yang sebelumnya perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Karena sejak saat itu para pemuda sudah menyadari pentingnya persatuan untuk menentang kekuatan penjajah, sehingga memicu terbentuknya organisasi – organisasi yang lain.

VI.          Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
a.       Pendekatan             :  student center
b.      Metode                   :  tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan
c.       Model                     :  STAD




VII.       Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
Karakter yang Dibangun
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi
·       Guru dan siswa mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas)
Motivasi
·       Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
·       Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
5 Menit







2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru menjelaskan pengertian perjuangan.



25 Menit


-   Cinta tanah
   air

No
Kegiatan
Waktu
Karakter yang Dibangun
2
Elaborasi
·      Guru memberikan Tanya jawab serta penjelasan perjuangan bangsa sebelum proklamasi kemerdekaan.
·      Guru dan siswa mengkaji peristiwa perjuangan bangsa sebelum proklamasi kemerdekaan.
Konfirmasi
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.


- Rela berkorban




3.
Kegiatan Penutup
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan
·      Post test dengan umpan balik
·      Tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
10 Menit






2.          Pertemuan Kedua
No
Kegiatan
Waktu
Karakter yang Dibangun
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi
·       Guru dan siswa mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas)
Motivasi
·       Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
·       Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

10
Menit






2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·       Guru menjelaskan tentang perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908.

60 Menit


-    Cinta tanah air

No
Kegiatan
Waktu
Karakter yang Dibangun

Elaborasi
·       Guru memberikan penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang.
·       Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan ciri – ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah tahun 1908.
·       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, sementara kelompok lain menanggapi.


-    Demokrasi








-   Menghargai
Prestasi
3
Kegiatan Penutup
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan
·       Tindak lanjut dengan memberikan tugas individu untuk dikerjakan di rumah.
·       Memberikan tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
10
Menit


VIII.    Alat / Bahan / Sumber Ajar
1.   Nara Sumber : Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
2.   Media massa / koran / majalah / internet.
3.   Pendidikan Kewarganegaraan, kelas VII, Pusat Perbukuan, Jakarta 2008.
4.   Pendidikan Kewarganegaraan, kelas VII, karangan Yudhistira, Jakarta 2011.
5.   Lembar Kerja Siswa Pendidikan Kewarganegaraan, kelas VII / 1, Tim MGMP Tulungagung 2012.

IX.          Penilaian
1.      Penilaian Kognitif dan Psikomotor diperoleh dari tes tertulis dan PR.
2.      Penilaian Afektif dan Karakteristik diperoleh dari pengamatan selama KBM berlangsung.
Instrumen 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
NO
SOAL
KUNCI
SKOR
1.
Sebutkan pengertian perjuangan secara umum !
Ø  Jawaban sesuai hasil kerja siswa
30
2.
Sebutkan pengertian perjuangan pada masa penjajahan !
Ø Jawaban sesuai hasil kerja siswa
35
3.
Sebutkan hal termasuk perjuangan  di awal kemerdekaan Indonesia ?
Ø Jawaban sesuai hasil kerja siswa
35

Instrumen 2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
NO
SOAL
KUNCI
SKOR
1.
Sebutkan bangsa – bangsa yang pernah menjajah Indonesia !
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
20
2.
Sebutkan ciri – ciri perjuangan sebelum tahun  1908 !
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
40
3.
Sebutkan ciri – ciri perjuangan sebelum tahun  1908 !
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
40

A.     Penilaian Kognitif dan Psikomotor
Instrumen 1
No.
Komponen
Kualifikasi
Indikator Kemampuan
Nilai
1.
Pengertian perjuangan.

Baik
Ø Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan.
30


Cukup
Ø Menjawab kurang benar mengenai pengertian perjuangan.
27
Kurang
Ø Jawaban salah mengenai Latar belakang

25
No.
Komponen
Kualifikasi
Indikator Kemampuan
Nilai
2.
Pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
Baik
Ø Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
35


Cukup
Ø Jawaban kurang benar mengenai pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
30


Kurang
Ø Jawaban salah mengenai pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
25
3.
Pengertian perjuangan di awal kemerdekaan
Baik
Ø  Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan di awal kemerdekaan.
35

Cukup
Ø Jawaban kurang benar mengenai pengertian perjuangan di awal kemerdekaan.
30






No.
Komponen
Kualifikasi
Indikator Kemampuan
Nilai


Kurang
Ø Jawaban salah mengenai pengertian perjuangan di awal kemerdekaan.
25

Penilaian Kognitif dan Psikomotor
Instrumen 2
No.
Komponen
Kualifikasi
Indikator Kemampuan
Nilai
1.
Bangsa – bangsa yang pernah menjajah Indonesia.
Baik
Ø Menyebutkan dengan benar bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia.

20


Cukup
Ø Menyebutkan kurang benar bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia.

17


Kurang
Ø Jawaban salah tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia.
15
No.
Komponen
Kualifikasi
Indikator Kemampuan
Nilai
2.
Ciri – ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
Baik
Ø Jawaban benar mengenai ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
40

Cukup
Ø Jawaban kurang benar mengenai ciri -ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
35

Kurang
Ø Jawaban salah mengenai ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
30
3.
Ciri – ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
Baik
Ø Jawaban benar mengenai ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
40


Cukup
Ø Jawaban kurang benar mengenai ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
35

Kurang
Ø Jawaban salah mengenai ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
30

Nilai :
Skor Maksimal   :  100
Skor Minimal     :    75


B.     Penilaian Afektif
No.
Kualifikasi
Kriteria Penilaian
Predikat
1.
Tinggi

Sedang

Rendah
Ø Sungguh-sungguh mengerjakan tugas.

Ø Cukup sungguh-sungguh mengerjakan tugas.

Ø Tidak sungguh-sungguh mengerjakan tugas.


A

B

C
2.
Tinggi

Sedang

Rendah
Ø Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.

Ø Tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
Ø Tidak mengumpulkan tugas.

A

B

C


C.     Penilaian Karakter
NO
SIKAP YANG DIEVALUASI
SKALA NILAI
1
2
3
4

1.

2.

3.
Cinta Tanah Air
Menciptakan suasana gemar membaca buku tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Menyampaikan perumusan pokok persoalan menggunakan bahasa Indonesia dan benar.
Berkomunikasi dengan guru dan atau teman mengenai pengertian perjuangan dengan bahasa Indonesia yang baik.



85

87

86

Jumlah Skor
86
Predikat
Baik
NO
SIKAP YANG DIEVALUASI
SKALA NILAI
1
2
3
4

1.
2.

3.
4.
Demokrasi
Dapat berbagi tugas dalam kelompok.
Kesediaan membantu teman yang mengalami kesulitan.
Memberi kesempatan teman mengemukakan pendapat
Bekerjasama dengan teman dalam menyimpulkan informasi dari tuturan tidak langsung.




84
82

82
80

Jumlah Skor
82
Predikat
Baik
NO
SIKAP YANG DIEVALUASI
SKALA NILAI
1
2
3
4

1.

2.


Menghargai Prestasi
Memberi kesempatan teman untuk menyampaikan laporan hasil diskusi.
Menanggapi laporan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar.



87

87


Jumlah Skor
87
Predikat
Baik

Keterangan :                                       Predikat :
     1    =  Sangat kurang                                    91 – 100          =  amat baik    (A)
     2    =  Kurang                                               77 – 90            =  baik             (B)
     3    =  Baik                                                   68 – 76            =  cukup          (C)
     4    =  Sangat baik                                        40 – 67            =  kurang         (K)


                                                                                                                                   , …………………..
                          Mengetahui                                                             
                        Guru                                                  




No comments:

Post a Comment