SATUAN
RENCANA LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
(TERINTEGRASI MATERI LINGKUNGAN HIDUP)
1. Nama Sekolah :
SMP
2. Materi Layanan : Pemahaman Lingkungan
3. Sub Materi Layanan : Perlunya hidup sehat dan upaya pencegahan
pencemaran tanah
4. Jenis Layanan : Orientasi
5. Fungsi Layanan : Pengembangan
6. Bidang Bimbingan : Pribadi
7. Tugas Perkembangan : Mempersiapkan diri menerima dan bersikap
positif serta dinamis terhadap pelestarian tanah untuk kehidupan yang sehat.
8. Rumusan Kompetensi : Mampu memahami pola hidup yang
menghindarkan diri dari pencemaran tanah.
9. Indikator : 1. Menunjukkan kegiatan sehari- hari yang sehat.
2. Menunjukkan
sebab – sebab pencemaran tanah.
3. Membiasakandiri dalam menjaga pelestarian
tanah.
10. Semester / Alokasi Waktu : II
/ 2 x Jam Pertemuan
11. Sasaran Layanan : Siswa
kelas VII
12. Tujuan Layanan :
Setelah layanan ini di
harapkan siswa mampu :
1. Memiliki kebiasaan hidup sehat.
2. memiliki kebiasaan menghindari pencemaran tanah.
3. Memiliki kebiasaan melestarikan tanah.
13. Metode : - Diskusi
- Tanya Jawab
- Ceramah -
CTL
14. Materi Layanan :
Cara Menjaga Kesehatan dan
Kiat melestarikan alam :
1. Untuk dapat sehat maka tubuh kita harus
cukup air.
2. untuk dapat sehat maka memerlukan lingkungan
yang sehat, bersih.
3. Beberapa
penyebab timbulnya pencemaran tanah
4. Pemahaman
dampak pencemaran tanah terhadap lingkungan manusia
15. Uraian Kegiatan :
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Mengucapkan salam, mengecek situasi dan
kondisi kelas, serta absen siswa.
2. Motivasi dan Apersepsi :
a. Pernahlah kalian melihat tanaman yang tidak
sehat ? Apa yang terfikir olehmu ?
b. Pernahkan kamu berfikir mencari penyebabnya ?
B. KEGIATAN INTI
1.
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk
mengidentifikasi beberapa contoh perilaku sehat dan tidak sehat
2.
Peserta didik memahami artikel
tentang “Pencemaran Tanah” selama 10 menit.dengan bimbingan Guru Pembimbing
3.
Peserta didik melakukan Tanya jawab tentang
materi yang telah dibaca siswa dengan bimbingan Guru Pembimbing.
4.
Peserta Didik berdiskusi secara kelompok untuk
mengidentifikasi beberapa contoh perilaku sehari- hari yang menyebabkan
pencemaran tanah.
5.
Pesrta Didik berdiskusi untukmengidentifikasi
dampak pencemaran tanah bagi kehidupan manusia.
C. KEGIATAN PENUTUP
1. Guru Pembimbing bersama siswa membuat
kesimpulan tentang : perlunya hidup sehat dan upaya untuk melestarikan tanah.
2. Guru
Pembimbing memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu membiasakan diri tidak
mencemari tanah, khususnya di lingkungan kita.
16. Tempat : Ruang kelas
17. Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
18. Pihak yang disertakan : Wali kelas
19. - Himpunan Data
- Tampilan Kepustakaan
20. Alat / Sumber materi : Buku yang relevan
21. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
a. Penilaian segera : Pertanyaan lisan 5 menit menjelang proses
layanan usai.
b. Penilaian Jangka pendek : Penilaian porto polio satu minggu setelah
pertemuan, yaitu berupa tugas rumah / Perempuan pada LKS.
c. Penilaian Jangka panjang : Pengamatan perilaku selama satu semester
d. Tindak Lanjut : Pemberian layanan tindak lanjut adalah
berupa layanan konseling, yang
diberikan kepada siswa yang dianggap belum dapat menunjukkan sikap perilaku
yang diharapkan.
22. Catatan khusus : Alat / Instrumen Penilaian Terlampir.
Tulungagung, Januari 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
No comments:
Post a Comment