Tuesday, April 12, 2016

RPP ADIWIYATA BIMBINGAN DAN KONSELING

SATUAN RENCANA LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
(TERINTEGRASI MATERI LINGKUNGAN HIDUP)

1.   Nama Sekolah                             :     SMP 
2.   Materi Layanan                          :     Pemahaman Lingkungan
3.   Sub Materi Layanan                   :     Perlunya hidup sehat dan upaya pencegahan pencemaran tanah
4.   Jenis Layanan                             :     Orientasi
5.   Fungsi Layanan                          :     Pengembangan
6.   Bidang Bimbingan                      :     Pribadi
7.   Tugas Perkembangan                 :     Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap pelestarian tanah untuk kehidupan yang sehat.
8.   Rumusan Kompetensi                :     Mampu memahami pola hidup yang menghindarkan diri dari pencemaran tanah.
9.   Indikator                                      :     1.   Menunjukkan kegiatan sehari- hari yang sehat.
                                                                  2.   Menunjukkan sebab – sebab pencemaran tanah.
                                                                  3.    Membiasakandiri dalam menjaga pelestarian tanah.
10. Semester / Alokasi Waktu           :     II / 2 x Jam Pertemuan
11. Sasaran Layanan                         :     Siswa kelas VII
12. Tujuan Layanan                          :    
      Setelah layanan ini di harapkan siswa mampu :
               1.   Memiliki kebiasaan hidup sehat.
               2.   memiliki kebiasaan menghindari pencemaran tanah.
               3.   Memiliki kebiasaan melestarikan tanah.

13. Metode                                         :     -     Diskusi                        - Tanya Jawab
                                                                  -     Ceramah                      - CTL

14. Materi Layanan                          :
      Ÿ    Cara Menjaga Kesehatan dan Kiat melestarikan alam :
            1.    Untuk dapat sehat maka tubuh kita harus cukup air.
            2.    untuk dapat sehat maka memerlukan lingkungan yang sehat, bersih.
            3.    Beberapa penyebab timbulnya pencemaran tanah
            4.    Pemahaman dampak pencemaran tanah terhadap lingkungan manusia

15. Uraian Kegiatan                          :
      A.  KEGIATAN PENDAHULUAN
            1.    Mengucapkan salam, mengecek situasi dan kondisi kelas, serta absen siswa.
            2.    Motivasi dan Apersepsi    :
                   a.   Pernahlah kalian melihat tanaman yang tidak sehat ? Apa yang terfikir olehmu ?
                   b.  Pernahkan kamu berfikir mencari penyebabnya ?
      B.  KEGIATAN INTI
1.      Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk mengidentifikasi beberapa contoh perilaku sehat dan tidak sehat
2.      Peserta didik memahami artikel tentang “Pencemaran Tanah” selama 10 menit.dengan bimbingan Guru Pembimbing
3.      Peserta didik melakukan Tanya jawab tentang materi yang telah dibaca siswa dengan bimbingan Guru Pembimbing.
4.      Peserta Didik berdiskusi secara kelompok untuk mengidentifikasi beberapa contoh perilaku sehari- hari yang menyebabkan pencemaran tanah.
5.      Pesrta Didik berdiskusi untukmengidentifikasi dampak pencemaran tanah bagi kehidupan manusia.

      C.  KEGIATAN PENUTUP
        1.  Guru Pembimbing bersama siswa membuat kesimpulan tentang : perlunya hidup sehat dan upaya untuk melestarikan tanah.
        2.  Guru Pembimbing memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu membiasakan diri tidak mencemari tanah, khususnya di lingkungan kita.

16. Tempat                                         :     Ruang kelas
17. Penyelenggara Layanan             :     Guru Pembimbing
18. Pihak yang disertakan                :     Wali kelas
19.                                                             -     Himpunan Data
                                                                  -     Tampilan Kepustakaan
20. Alat / Sumber materi                  :     Buku yang relevan
21. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut :
      a.   Penilaian segera                       :     Pertanyaan lisan 5 menit menjelang proses layanan usai.
      b.   Penilaian Jangka pendek         :     Penilaian porto polio satu minggu setelah pertemuan, yaitu berupa tugas rumah / Perempuan pada LKS.
      c.   Penilaian Jangka panjang        :     Pengamatan perilaku selama satu semester
      d.   Tindak Lanjut                         :     Pemberian layanan tindak lanjut adalah berupa layanan konseling, yang diberikan kepada siswa yang dianggap belum dapat menunjukkan sikap perilaku yang diharapkan.
22. Catatan khusus                           :     Alat / Instrumen Penilaian Terlampir.

                                                                                                   Tulungagung,     Januari 2015
                          Mengetahui,
                        Kepala Sekolah                                                            Guru Pembimbing





No comments:

Post a Comment