Thursday, April 7, 2016

RPP ADIWIYATA TERBARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  ( RPP )
(TERINTEGRASI MATERI LINGKUNGAN HIDUP)


SEKOLAH                                         : UPTD SMPN
MATA PELAJARAN                        : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                         : VII/2
ALOKASI WAKTU                          : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI              : 10.    Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR                   : 10.2  Membuat karya seni kriya  dari benda2 daur
                                                                        ulang sekitar dengan teknik dan corak daerah
                                                                        setempat.
                                                             
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep seni kriya
  2. Mendeskripsikan konsep seni kriya sebagai benda pakai
  3. Mendeskripsikan konsep seni kriya sebagai dan benda hias.
  4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat seni kriya.
  5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat seni kriya.
  6. Menyebutkan lima teknik pembuatan seni kriya.
  7. Merancang seni kriya benda pakai.
  8. Merancang seni kriya benda hias.
9.   Membuat karya seni kriya  benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat.
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah  setempat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK          
       Berkarya seni kriya daerah setempat

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·   Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
F Membaca referensi kriya kriya
F Melihat tayangan gambar seni kriya benda pakai dan benda hias
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Merancang seni kriya benda pakai dan benda hias
F Membuat seni kriya benda pakai
F Membuat seni kriya benda hias
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menunjukkan rancangan seni kriya terbaik dari siswa
F Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor
·         Contoh benda kriya
·         Lembar kerja siswa

F. PENILAIAN        
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat seni kriya dari benda bekas/daur ulang dengan teknik dan corak daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

Ü  Buatlah sebuah benda pakai yang mencerminkan kekhasan  dan  corak daerahmu
Ü  Jelaskan konsep seni kriya sebagai benda pakai!
Ü  Jelaskan konsep seni kriya sebagai benda hias!
Ü  Sebutkan bahan yang dapat dibuat seni kriya!
Ü  Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat seni kriya!
Ü  Sebutkan lima teknik pembuatan seni kriya!
Ü  Buatlah rancangan seni kriya benda pakai!
Ü  Buatlah rancangan seni kriya benda hias!
Ü  Buatlah seni kriya benda pakai/benda hias!



Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik





Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik








Mengetahui,
Kepala SMPN 




................................................
NIP. 

Pakel,    Januari 2015
Guru Mapel SBK.




.......................................................
NIP. 

No comments:

Post a Comment