RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TERINTEGRASI
MATERI LINGKUNGAN HIDUP)
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi :
2. Meningkatkan keimanan
kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya.
B. Kompetensi Dasar :
2.3 Menunjukkan tanda-tanda
adanya Allah Swt. yang berkaitan
dengan lingkungan alam sekitar.
C. Indikator :
- Menjelaskan pengertian iman kepada Allah Swt.
- Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
fenomena alam semesta dan lingkungan alam sekitar
- Menyebutkan tanda-tanda
adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, yang berkaitan dengan lingkungan
alam sekitar
- Menyebutkan tanda-tanda
adanya Allah yang berkaitan dengan lingkungan alam sekitar
melalui dalil naqli.
D. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian iman kepada Allah Swt.
- Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah swt. melalui
fenomena alam semesta di lingkungan alam sekitar.
- Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah Swt. melalui
ciptaan-ciptaanya yang berkaitan dengan lingkungan alam sekitar.
- Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah Swt. yang
berkaitan dengan lingkungan alam sekitar melalui dalil naqli.
E. Materi Pokok :
Tanda-tanda adanya Allah Swt.
Kadang muncul dalam benak kita bebetrapa
pertanyaan ! misalkan : siapa yang menciptakan tumbuh-tumbuhan dilingkungan
sekitar kita? Siapa yang menurunkan hujan ? Siapa yang memunculkan gempa bumi ?
dan lain sebagainya.
Beberapa
pertanyaan tersebut muncul karena semua itu memang diluar jangkauan manusia dan
ini sebagai bukti bahwa sesuatu yang ada di alam semesta ini pasti ada yang
menciptakan dan mengaturnya. Kalau kita mengakses internet dan mencari tentang
kebesaran Allah ternyata banyak sekali, termasuk dilingkungan sekitar kita.
Diantaranya dapat dilihat beberapa gambar tentangkeagungan dan kebesaran Allah
dibawah ini;
Gb. Kaktus yang berbentuk lafads Allah adalah salah satu
tanda-tanda adanya kebesaran Allah dilingkungan alan sekitar kita.
Hal
tersebut diatas membuktikan bahwa Allah itu ada. Maha Kuasa dan Maha Sempurna.
Adanya alam semesta ini merupakan bukti bahwa Allah swt. adalah Tuhan yang
menciptakan sekaligus mengaturnya. Jika bukti-bukti tersebut tidak mampu
meyakinkan seseorang untuk beriman kepada Allah berarti orang tersebut masih
terkunci hatinya.
F. Strategi Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a. Salam, Berdo’a dan
membaca beberapa
b.
Melaksakan apersepsi dan motivasi
c. Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Siswa secara berkelompok
melakukan tafakur alam dan memutar CD tentang alam semesta untuk mencari
tanda-tanda adanya Allah swt. dilingkungan
sekitar kita ( lingkungan sekolah ).
b. Perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil tafakur alam.
c. Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
- Iquire
Learning Community
- Performance
- Penilaian
proses dan produk.
|
3.
|
Penutup
a.
Mengadakan releksi kegiatan pembelajaran dan
siswa aktif mencatat hasil diskusi.
b.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan
observasi tentang fenomena alam semesta sebagai
bukti adanya Allah dilingkugnan sekitar rumah siswa masing-masing.
c.
Guru
bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran tentang tanda-tanda adanya
Allah swt.
d.
Berdo’a
dan salam penutup.
|
10 menit
|
- Refleksi
- Tanya
Jawab
- Penugasan
|
G. Alat/Sumber Belajar :
1.
Lingkungan alam sekitar
sekolah.
2.
Buku PAI Kelas VII (Multahim
dkk. 2007. Agama Islam 1 Penuntun Akhlak.
Jakarta : Yudistira).
3.
LKS PAI Kelas VII
4.
CD tentang fenomena alam
semesta.
H. Penilaian
1. Teknik
a. Penugasan.
b. Tes lisan
c. Tes Tulis.
2. Bentuk Instrumen :
a. Portofolio
b. Rubrik Produk
c. Jawaban Singkat.
3. Instrumen :
a.
Tugas Portofolio
Buatlah kajian
penelitian tentang tanda-tanda adanya Allah swt. di lingkugan sekitar kalian
bersama kelompok kalian !
No.
|
Aktifitas
|
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
jumlah
|
||
1
|
Partisipasi
|
|
|
|
|
2
|
Antusias
|
|
|
|
|
3
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
Penskoran
jumlah skor + 1 = nilai
b. Rubrik Unjuk Kerja :
Carilah tanda-tanda adanya Allah swt (dalil aqli) melalui
tafakur alam (dilingkungan sekolahmu) !
No
|
Aktifitas Siswa
|
Skor
|
1
|
Merumuskan 9-10 dalil aqli
|
6
|
2
|
Merumuskan 7-8 dalil aqli
|
5
|
3
|
Merumuskan 5-6 dalil aqli
|
4
|
4
|
Merumuskan 3-4 dalil aqli
|
3
|
5
|
Merumuskan 1-2 dalil aqli
|
2
|
6
|
Tidak merumuskan dalil aqli
|
1
|
Penskoran = skor yang diperoleh X 100 = nilai
10
c. Jawaban singkat
1. Iman secara
bahasa Artinya .................
Penskoran dan
penilaian : Nilai = skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal (10)
Mengetahui,
Kepala SMP
|
Tulungagung, Januari 2014
Guru Mata Pelajaran
|
No comments:
Post a Comment