SILABUS PEMBELAJARAN
( TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DANKARAKTER )
NamaSekolah :
UPTD SMPN
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Standar Kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1.
Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
tiga dimensi dari daerah setempat
|
·
Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya
seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
·
Bentuk seni kriya
|
·
Mengamati contoh-contoh karya seni rupa terapan tiga
dimensi daerah setempat
·
Membuat gambar bentuk seni kriya
|
·
Membuat sketsa gambar seni kriya
·
Menggambar bentuk seni kriya dari daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Buatlah gambar
tseni kriya yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,
|
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
LKS
Lingkungan sekitar
Karya pribadi
|
10.2. Membuat karya seni kriyadari benda
bekas/daur ulang dengan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Teknik pembuatan Seni kriya
·
Corak ragam hias seni kriya dari daerah setempat
|
·
Membuat
seni kriya dari benda bekas/daur ulang
dengan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Membuat
seni kriya dari benda bekas/ daur ulang dengan teknik dan corak daerah
setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Buatlah
sebuahseni kriyadari benda bekas/ daur ulang yang mencermin- kan
kekhasan dan corak daerahmu
|
4 jp
|
Media cetak
Media elektronik
LKS
Lingkungan sekitar
Karya pribadi
|
10.3.
Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk
pameran kelas atau sekolah
|
·
Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat, meliputi:
tujuan,membentuk panitia, waktu, tempat, lingkup pameran
|
·
Membuat rancangan pameran, meliputi jadwal, tempat,
perlengkapan dan jumlah karya
|
·
Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di
kelas
|
Penugasan individu/
kelompok
|
Tugas
rumah
|
·
Buatlah Proposal pelaksanaan pameran hasil karya
siswa di kelas
|
2 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
Karya pribadi
|
10.4.
Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam
bentuk pameran kelas atau sekolah
|
·
Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di
kelas, meliputi: persiapan pameran, menyusun program, mengatur tata letak
|
·
Memamerkan hasil karya di kelas/sekolah
|
·
Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dan tiga
dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau sekolah
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Laksanakan pameran hasil karyamu sesuai dengan tema
yang telah ditentukan di kelas/sekolah
|
2 jp
|
Media cetak
Media elektronik
Lingkungan sekitar
Karya pribadi
|
v Karaktersiswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely
)
|
Mengetahui,
KepalaSMPN
|
|
Pakel, Januari 2015
Guru MapelSeniBudaya.
|
No comments:
Post a Comment