RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TERINTEGRASI MATERI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KARAKTER)
(RPP
1)
Nama
sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dan alam
sekitar.
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get things done dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
Jenis
teks : Transactional / Interpersonal
Tema :
Personal Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.
Menjawab pertanyaan berdasarkan suatu
percakapan secara berani ( courage
)
b.
Melengkapi keterangan pada gambar
c.
Merespon pertanyaan
d.
Merespon instruksi
v Karakter siswa
yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage
)
2.
Materi
Pembelajaran
a.
Communication Practice (halaman 3, 4, 13, 14,
25, 51)
·
Rekaman dan script dialog
·
Rekaman percakapan, gambar dan pilihan
jawaban
b.
Recalling Vocabulary ( halaman 2)
·
Rekaman dan gambar
c.
Grammar Practice (halaman 8, 16)
·
Penjelasan dan latihan
3.
Metode
Pembelajaran: three-phase technique
4.
Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang
gambar
·
Tanya jawab melibatkan
berbagai ungkapan sapaan
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya
materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan studio, atau
lapangan / alam sekitar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna secara tekun
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik dengan bertanggung Jawab
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber
belajar
a.
Buku teks yang relevan
: Kaset/CD
b.
Narasumber, Kaset/CD
c.
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.
Gambar-gambar yang
relevan
e. Lingkungan alam di
sekitar sekolah
6.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang
yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan diri
sendiri / orang lain
-Perintah / larangan
(berkaitan dengan alam sekitar)
|
Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan
tertulis
|
- Pertanyaan
lisan
|
1. Listen to the
expression and give response orally
1. Good
morning. How are you ?
………………………………..
2. Hi, I ‘m
………………………………..
4. Hello,
it’s nice to meet you
…………………………..
II. Listen to the
expression and choose the best responses,
A, B, C, or
D
1. A. : Hello, how are /
B : ……….
a. Yes, it is c. Thank you
b. I ‘ Renny d. Don’t worry
2. A : Is that your sister, Anna ?
B :
………….
a. Yes, it is
b. I don’t know
c. No, she is not here
d. Very well thanks
3. A : Budi, this is my friend, Susan
B : Hi, Susan…….
a. Fine,
thank
c. Nice to see you
b. It ‘s
OK
d. I ‘m alright
III. What do
these notice bellow? Say orally
1. Keep our class clean!
It means ……………..
2. Don’t step the grass
It means ………..
|
a. Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
II.
|
Setiap
jawaban yang benar
Setiap
jawaban yang salah / tidak dijawab
|
2
0
|
b. Kunci Jawaban. : Terlampir
c
Pedoman Penilaian.
1.Untuk No. I, dan III tiap jawaban benar skor 3
2.Untuk No. II, tiap
jawaban benar diberi skor 2
3.Jumlah skor maksimal I : 3 x 3 =
9
II : 5 x 2 = 10
III : 2 x 3 = 6
Jumlah 25
4.Nilai
maksimal 10
Skor
Perolehan
5.Nilai
Siswa = X 10
Skor
Maksimal
d. Nilai akhir
Mengetahui,
Kepala SMP
NIP.
|
Pakel, Januari
2015
Guru Bahasa Inggris
NIP.
|
No comments:
Post a Comment