Thursday, April 7, 2016

RPP FISIKA SMP TERBARU

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri
Mata pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester            : VII/Ganjil

Standar Kompetensi :
1.Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

Kompetensi Dasar :
1.        Mendiskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuanya untuk menjawab rasa ingin tahu dengan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif.

Indikator :
a.    Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian mengelompokkannya kedalam besaran pokok dan besaran turunan untuk menjawab rasa ingin tahu siswa.
b.    Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran dengan berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif. Dan dapat menggunakan bahan- bahan yang yang ada dilingkungan sekolah.
c.    Mengkonversi berbagai satuan besaran pokok maupun besaran turunan dengan berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.

Alokasi Waktu : 4 jam Pelajaran

A.Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
  1. Membedakan pengertian besaran pokok dan besaran turunan untuk menjawab rasa ingin tahu siswa.
  2. Menyebutkan satuan besaran pokok dan besaran turunan dengan berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  3. Menentukan satuan Internasional dalam berbagai pengukuran dengan berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  4. Membedakan satuan besaran pokok dan satuan besaran turunan secara mandiri dengan berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.

B. Materi Pembelajaran : Besaran pokok dan besaran turunan

C. Metode Pembelajaran :
-          Model pengajaran langsung
-          Model Pembelajaran kooperatif

D. Langkah-langkah Kegiatan :
  1. Pertemuan Pertama:
a.       Kegiatan pendahuluan.
- Motivasi
  Pentingnya mengukur menggunakan alat ukur baku
b.      Kegiatan inti
Guru membimbing peserta didik membentuk kelompok.
-          Peserta didik mengukur besaran panjang menggunakan penggaris
-     Peserta didik mendiskusikan dan mengkomunikasikan secara kelompok
            c.   Kegiatan penutup
-          Dengan bimbingan guru peserta didik membuat kesimpulan
-          Guru memberikan tes lesan pengertian besaran pokok dan besaran turunan
  1. Pertemuan kedua.
a.   Kegiatan pendahuluan.
- Motivasi
      Tahukah kamu satuan-satuan baku yang digunakan secara Internasional?
-    Pengetahuan prasarat
            Mengimformasikan kepada peserta didik satuan baku yang digunakan secara Internasional
b.   Kegiatan inti
- Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam satuan Internasional.
-    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
c.       Kegiatan Penutup
Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menyebutkan satuan-satuan yang lebih besar

E.Sumber Belajar

1.      Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII semester 2
2.      Buku Referensi

F. Penilaian.
1.      Teknik Penilaian
a.       Tes tulis
b.      Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen
Pilihan Ganda               


Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Pakel



RUSMINAH, S.Pd. M.Pd
NIP. 19570502 198303 2 005

Pakel,    Januari 2015
Guru Mata Pelajaran




Dra. SULISTYOWATI
NIP. 19640724 199003 2 003



                                                                         











                                                              


PENGUKURAN PANJANG
           
  1. ………………. Menyatakan jarak antara dua titik
  2. satuan internasional untuk panjang adalah ………….
  3. urutkanlah satuan-satuan dibawah ini mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar
millimeter, kilometer, dekameter, micrometer, centimeter, meter, desimeter, nanometer, hectometer
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Ubahlah satuan-satuan di bawah ini.

a.       25 m                =………………………………...mm
b.      120mm            = ……………….……………….cm
c.       160 mm           = ……………….……………….dm
d.      2,5 km             = ……………….……………….cm
e.       240 cm            = ……………….……………….micrometer
f.       345 hm            -= ……………….……………….cm
PENGUKURAN MASSA
  1. Jumlah materi yang terkandung dalam suatru zat disebut ………………..benda
  2. ……………… adalah alat untuk mengukur masa benda
  3. Jika astronot pergi ke bulan maka ……………… astronot akan tetap sedang ………………… akan mengalami perubahan
  4. Satuan internasional masa adalah …………….

PENGUKURANWAKTU

  1. ……………….menyatakan selang antara dua kejadian
  2. Satuan Internasional untuk waktu adalah ……………..
  3. Ubahlah satuan-satuan dibawah ini
1. 2,5 menit     = ………………………. Sekon
2. 1,25 jam      = ………………………. Sekon
3. 350 menit    = ………………………. Jam
2500 sekon   = ………………………… menit

 












LAMPIRAN PENILAIAN

PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DARI PLIHAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.

  1. Masa benda menyatakan ……………………
a.       jarak ruang yang terisi oleh materi
b.      jarak anata dua titik
c.       jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda
d.      selang antara dua kejadian
2.      Alat-alat dibawah ini yang digunakan untuk mengukur volume adalah ………
a. neraca                                                 c. gelas ukur
b. penggaris                                            d. stopwatch
3.      Manakah yang merupakan besaran turunan?
a. panjang                                               c. masajenis
b. intensitas cahaya                                d. suhu
4.      Manakah yang merupakan kelompok besaran pokok?
a. panjang, volume, masajenis                c. masa, waktu, luas
b. kuat arus, intensiatas cahaya, energi  d. masa, waktu, kuat arua
5.      Sataun-satuan di bawah ini yang bukan merupkan satuan volume adalah :
a. kg/m3                                                                   c. cm2
b. milliliter                                              d. gallon
      6.  Satauan-satuan manakah yang diurutkan dari yang besar ke kecil?
            a. centimeter, desimeter, millimeter       c. kilogram,milligram, gram
            b. menit, milisekon, sekon                      d. desimeter kubik, desiliter, milliliter
      7. Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 5 cm dan tinggi 5mm. Maka volume balok tersebut adalah………..
            a. 250 cm3                                              c. 2,5 cm3
            b. 20 cm3                                                d. 25 cm3 cm3






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 1 Pakel
Mata pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
   Kelas /Semester           : VII / Ganjil

Standar Kompetensi :
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya dengan cara bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu dan lingkungan.

Indikator :
1. Menggunakan thermometer untuk mengukur suhu zat dengan jujur dengan cara bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu.
2. Membuat thermometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume secara bekerja sama dengan cara bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu dan lingkungan
3. Membandingkan skala thermometer Celcius dengan thermometer lain dengan cara bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu dan lingkungan..

Alokasi waktu            : 4 jam pelajaran (2 x Pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian suhu secara logis, kreatif, dan inovatif
2. Menggunakan thermometer untuk mengukur suhu benda dilingkungan sekitar
 3.Melakukan percobaan untuk membuat thermometer sederhana dari bahan sampah.
4. Membaca skala pada thermometer Celcius dengan bertanggung jawab
5. Membandingkan skala pada thermometer Celcius dan thermometer Fahrenheit
B.Materi Pembelajaran :   Suhu dan pengukuran

C. Metode Pembelajaran :
1. Model    : Direct Instruction dan Kooperatif Learning
2. Metode  : Diskusi Kelompok dan eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
œ Motivasi dan apresepsi
Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas?
œ Prasyarat pengetahuan
Apakah satuan suhu menurut SI ?
Termasuk besaran apakah suhu itu ?
œ Pra eksperimen
Jika menggunakan peralatan hati-hati terutama dari kaca
            b. Kegiatan Inti
œ Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
œ Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian  suhu, kemudian  membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok  mengkomunikasikan
œ Guru memberi tanggapan dari jawaban  peserta didik dan memberikan penjelasan / jawaban yang benar
œ Setiap kelompok diberikan sebuah thermometer badan, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara memanfaatkan thermometer dengan benar
œ Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat thermometer  sederhana dengan menggunakan alat- alat  yang telah disiapkan(thermometer tyak bersakala, gelas ukur, kaki tiga , kassa iar , es batu dan kompor spiritus)
œ Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS
c. Kegiatan Penutup
œ Guru bersam,a peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
œ Guru  bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
œ Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
œ Guru memberikan  tugas  rumah berupa pertanyaan

2. Pertemuan kedua
      a. Kegiatan Pendahuluan
œ Motivasi dan apresepsi
Secara klasikal gur memberi pertanyaan , apakah satua suhu dalam SI?
œ Prasyarat pengetahuan
Guru menunjukan sebuah thermometer , peserta didik diminta untuk membaca skala
            b. Kegaiatan Inti
œ Guru memberikan informasi cara membaca  skala pada thermometer yang benar melalui diskusi kelas
œ Peserta didik diberi tugas  membandingkan skala pada thermometer Celcius dengan Fahrenheit, melalui diskusi kelompok
œ Guru memberikan informasi cara menentukan skala thermometer Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C:F = 5 :9
œ Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala thermometer Celcius dan Fahrenheit
c. Kegiatan Penutup
œ Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman
œ Guru memberikan latihan soal-soal tentang thermometer
œ Guru memberikan tugas rumah  berupa latihan soal

E. Sumber Belajar :
            a. Buku Sains , terbitan IKIP Malang
            b. LKS
            c. Buku Refernsi Sains yang relevan
            d. Alat-alat praktikum

F. Penilaian
a. Teknik Penialian            : Test tertulis dan Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen         : - Isian dan Pilihan  Ganda
                                            - Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Contoh  instrument
œ Instrumen  tes isian :
- Alat apakah yang digunakan untuk mengukur suhu benda ?
œ Instrumen uji petik kerja prosedur
- Secara bergantian masukkan tanganmu kedalam air yang dingin, sejuk dan panas! Apakah yang kamu rasakan ? Berikan penjelasannya
œ Tes Pilhan ganda
-          Jika thermometer Celcius menunjukan suhu -400 C  maka thermometer Fahrenheit menunjukan skala.
a. 40 0F            b. 1000F           c.-400F              d. 32 0F





Rubrik :
No
Aspek
Skor
1
Merangkai alat dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
4
3
Memperoleh data
2
4
Membuat kesimpulan dengan benar
2

Jumlah skor
10



Mengetahui,
Kepala SMPN 





Pakel,    Januari 2015
Guru Mata Pelajaran










No comments:

Post a Comment