RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri
Mata pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Standar Kompetensi :
1.Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar :
1.
Mendiskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan beserta satuanya untuk menjawab
rasa ingin tahu dengan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif.
Indikator :
a.
Mengidentifikasi
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian mengelompokkannya
kedalam besaran pokok dan besaran turunan untuk menjawab
rasa ingin tahu siswa.
b. Menggunakan satuan Internasional dalam
pengukuran dengan berpikir secara logis,
kritis, kreatif dan inovatif. Dan dapat menggunakan bahan- bahan
yang yang ada dilingkungan sekolah.
c. Mengkonversi berbagai satuan besaran pokok
maupun besaran turunan dengan berpikir secara
logis, kritis, kreatif dan inovatif.
Alokasi Waktu : 4 jam Pelajaran
A.Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik
dapat :
- Membedakan pengertian besaran pokok dan besaran turunan untuk menjawab rasa ingin tahu siswa.
- Menyebutkan
satuan besaran pokok dan besaran turunan dengan berpikir secara
logis, kritis, kreatif dan inovatif.
- Menentukan
satuan Internasional dalam berbagai pengukuran dengan
berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
- Membedakan
satuan besaran pokok dan satuan besaran turunan secara mandiri dengan berpikir secara logis, kritis,
kreatif dan inovatif.
B. Materi Pembelajaran : Besaran pokok dan besaran turunan
C. Metode Pembelajaran :
-
Model pengajaran langsung
-
Model Pembelajaran kooperatif
D.
Langkah-langkah Kegiatan :
- Pertemuan Pertama:
a.
Kegiatan pendahuluan.
- Motivasi
Pentingnya mengukur
menggunakan alat ukur baku
b.
Kegiatan inti
Guru membimbing peserta didik membentuk kelompok.
-
Peserta
didik mengukur besaran panjang menggunakan penggaris
- Peserta
didik mendiskusikan dan mengkomunikasikan secara kelompok
c. Kegiatan penutup
-
Dengan
bimbingan guru peserta didik membuat kesimpulan
-
Guru
memberikan tes lesan pengertian besaran pokok dan besaran turunan
- Pertemuan kedua.
a. Kegiatan pendahuluan.
- Motivasi
Tahukah
kamu satuan-satuan baku yang digunakan secara Internasional?
-
Pengetahuan prasarat
Mengimformasikan
kepada peserta didik satuan baku yang digunakan secara Internasional
b.
Kegiatan inti
- Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam satuan Internasional.
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal
c.
Kegiatan Penutup
Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat
kesimpulan
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk
menyebutkan satuan-satuan yang lebih besar
E.Sumber Belajar
1. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII
semester 2
2.
Buku Referensi
F. Penilaian.
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes tulis
b.
Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen
Pilihan Ganda
|
Pakel, Januari 2015
Guru Mata Pelajaran
Dra. SULISTYOWATI
NIP. 19640724 199003 2 003
|
PENGUKURAN PANJANG
- ……………….
Menyatakan jarak antara dua titik
- satuan internasional untuk panjang adalah ………….
- urutkanlah satuan-satuan dibawah ini mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar
millimeter, kilometer, dekameter,
micrometer, centimeter, meter, desimeter, nanometer, hectometer
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Ubahlah
satuan-satuan di bawah ini.
a.
25 m =………………………………...mm
b.
120mm = ……………….……………….cm
c.
160 mm = ……………….……………….dm
d.
2,5 km = ……………….……………….cm
e.
240 cm = ……………….……………….micrometer
f.
345 hm -= ……………….……………….cm
PENGUKURAN MASSA
- Jumlah
materi yang terkandung dalam suatru zat disebut ………………..benda
- ……………… adalah
alat untuk mengukur masa benda
- Jika astronot
pergi ke bulan maka ……………… astronot akan tetap sedang ………………… akan
mengalami perubahan
- Satuan internasional masa adalah …………….
PENGUKURANWAKTU
- ……………….menyatakan selang antara dua kejadian
- Satuan Internasional untuk waktu adalah ……………..
- Ubahlah satuan-satuan dibawah ini
1. 2,5 menit = ……………………….
Sekon
2. 1,25 jam = ……………………….
Sekon
3. 350 menit = ……………………….
Jam
2500 sekon =
………………………… menit
LAMPIRAN PENILAIAN
PILIHLAH
JAWABAN YANG BENAR DARI PLIHAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
- Masa benda menyatakan ……………………
a. jarak ruang yang terisi oleh materi
b.
jarak anata dua titik
c. jumlah materi yang terkandung dalam suatu
benda
d.
selang antara dua kejadian
2.
Alat-alat dibawah ini yang
digunakan untuk mengukur volume adalah ………
a. neraca c.
gelas ukur
b. penggaris d.
stopwatch
3.
Manakah yang merupakan besaran
turunan?
a. panjang c.
masajenis
b. intensitas cahaya d.
suhu
4.
Manakah yang merupakan kelompok
besaran pokok?
a. panjang, volume, masajenis c. masa, waktu, luas
b. kuat arus, intensiatas cahaya, energi d. masa, waktu, kuat arua
5. Sataun-satuan di bawah ini yang bukan
merupkan satuan volume adalah :
a. kg/m3 c.
cm2
b. milliliter d. gallon
6. Satauan-satuan manakah yang diurutkan dari
yang besar ke kecil?
a.
centimeter, desimeter, millimeter c.
kilogram,milligram, gram
b.
menit, milisekon, sekon d.
desimeter kubik, desiliter, milliliter
7. Sebuah balok memiliki panjang 10 cm,
lebar 5 cm dan tinggi 5mm. Maka volume balok tersebut
adalah………..
a.
250 cm3 c.
2,5 cm3
b.
20 cm3 d.
25 cm3 cm3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 1 Pakel
Mata pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas /Semester : VII / Ganjil
Standar Kompetensi :
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya dengan cara bekerja
sama sebagai wujud cinta ilmu dan lingkungan.
Indikator :
1. Menggunakan thermometer
untuk mengukur suhu zat dengan jujur dengan cara
bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu.
2. Membuat thermometer sederhana,
berskala berdasarkan sifat perubahan volume secara bekerja sama dengan cara bekerja sama sebagai wujud cinta ilmu dan lingkungan
3. Membandingkan skala thermometer Celcius dengan
thermometer lain dengan cara bekerja sama sebagai wujud
cinta ilmu dan lingkungan..
Alokasi waktu :
4 jam pelajaran (2 x Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian suhu secara logis, kreatif, dan inovatif
2. Menggunakan thermometer untuk mengukur suhu benda dilingkungan sekitar
3.Melakukan
percobaan untuk membuat thermometer sederhana dari
bahan sampah.
4. Membaca skala pada thermometer Celcius dengan bertanggung jawab
5. Membandingkan skala pada thermometer Celcius
dan thermometer Fahrenheit
B.Materi Pembelajaran : Suhu dan
pengukuran
C. Metode Pembelajaran :
1. Model :
Direct Instruction dan Kooperatif Learning
2. Metode :
Diskusi Kelompok dan eksperimen
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
Alat apakah yang dipakai
bila suhu tubuhmu terasa panas?
Prasyarat pengetahuan
Apakah satuan suhu menurut
SI ?
Termasuk besaran apakah suhu
itu ?
Pra eksperimen
Jika menggunakan peralatan
hati-hati terutama dari kaca
b.
Kegiatan Inti
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota
masing-masing kelompok mengkomunikasikan
Guru memberi tanggapan dari jawaban
peserta didik dan memberikan penjelasan / jawaban yang benar
Setiap kelompok diberikan sebuah thermometer badan, setiap kelompok
mendiskusikan bagaimana cara memanfaatkan thermometer dengan benar
Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat
thermometer sederhana dengan menggunakan
alat- alat yang telah
disiapkan(thermometer tyak bersakala, gelas ukur, kaki tiga , kassa iar , es
batu dan kompor spiritus)
Peserta didik mengamati dan menuliskan
datanya ke dalam LKS
c. Kegiatan Penutup
Guru bersam,a peserta didik melakukan
diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Guru memberikan tes untuk mengetahui daya
serap materi yang baru saja dipelajari.
Guru memberikan tugas
rumah berupa pertanyaan
2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
Secara klasikal gur memberi pertanyaan ,
apakah satua suhu dalam SI?
Prasyarat pengetahuan
Guru menunjukan sebuah thermometer , peserta didik diminta untuk
membaca skala
b. Kegaiatan Inti
Guru memberikan informasi cara
membaca skala pada thermometer yang
benar melalui diskusi kelas
Peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada thermometer Celcius
dengan Fahrenheit, melalui diskusi kelompok
Guru memberikan informasi cara menentukan
skala thermometer Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C:F = 5 :9
Guru memberikan contoh latihan cara
menghitung skala thermometer Celcius dan Fahrenheit
c. Kegiatan Penutup
Guru bersama peserta didik berdiskusi
untuk membuat rangkuman
Guru memberikan latihan soal-soal tentang thermometer
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
E. Sumber Belajar :
a. Buku Sains , terbitan
IKIP Malang
b. LKS
c. Buku Refernsi Sains
yang relevan
d. Alat-alat praktikum
F. Penilaian
a. Teknik Penialian : Test tertulis dan Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen : - Isian dan Pilihan
Ganda
- Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Contoh instrument
Instrumen tes isian :
- Alat apakah yang digunakan untuk mengukur suhu benda
?
Instrumen uji petik kerja prosedur
- Secara bergantian masukkan tanganmu kedalam air
yang dingin, sejuk dan panas! Apakah yang kamu rasakan
? Berikan penjelasannya
Tes Pilhan ganda
-
Jika thermometer Celcius
menunjukan suhu -400 C maka
thermometer Fahrenheit menunjukan skala.
a. 40 0F b. 1000F c.-400F d.
32 0F
Rubrik :
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Merangkai alat dengan benar
|
2
|
2
|
Melakukan
kegiatan dengan prosedur yang benar
|
4
|
3
|
Memperoleh data
|
2
|
4
|
Membuat kesimpulan dengan benar
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
|
|
No comments:
Post a Comment