RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I.
Identitas :
Satuan Pendidikan :
SMPN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas / Semester : VII – B / I
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
II.
Standar Kompetensi :
2.
Mendiskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama.
III. Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan.
IV. Indikator :
2.1.1 Menjelaskan secara singkat pengertian
perjuangan.
2.1.2 Mendiskripsikan ciri – cirri
perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908.
IV.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Setelah mendengarkan penjelasan
dari guru, siswa dapat memahami arti perjuangan sehingga dapat menambah
kecintaannya terhadap tanah air Indonesia.
2.
Berdasarkan informasi yang
didapat dari guru dan buku materi yang telah dibaca, siswa dapat
mendeskripsikan ciri – ciri perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908 dengan
bahasa sendiri dan penyampaian yang santun.
V.
Materi Pembelajaran :
·
Pengertian Perjuangan
Perjuangan merupakan suatu usaha
untuk meraih sesuatu yang diharapkan demi kemuliaan dan kebaikan. Pada masa
penjajahan, perjuangan adalah segala usaha yang dilakukan dengan pengorbanan,
peperangan dan diplomasi untuk memperoleh atau mencapai kemerdekaan. Sementara
itu pada awal kemerdekaan, perjuangan dilakukan untuk mempertahankan
kemerdekaan.
·
Ciri – ciri perjuangan
sebelum dan sesudah tahun 1908
Bangsa Indonesia sudah lama berjuang
untuk meraih kemerdekaan. Namun sebelum tahun 1908 perjuangan bangsa Indonesia
masih bersifat kedaerahan. Dalam perjuangan ini masih sering mengalami
kekalahan dikarenakan :
-
Perjuangan masih bersifat
kedaerahan.
-
Menggunakan senjata tradisional
-
Perjuangan belum terorganisir.
Sejak tahun 1908 kesadaran bangsa
Indonesia untuk merdeka sudah mulai tumbuh, hal ini ditandai dengan lahirnya
organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang dikenal dengan hari
kebangkitan nasional pertama bangsa Indonesia. Lahirnya Budi Utomo merupakan
babak baru bagi bangsa Indonesia yang sebelumnya perjuangan bangsa Indonesia
masih bersifat kedaerahan. Karena sejak saat itu para pemuda sudah menyadari
pentingnya persatuan untuk menentang kekuatan penjajah, sehingga memicu
terbentuknya organisasi – organisasi yang lain.
VI.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
a.
Pendekatan :
student center
b.
Metode : tanya
jawab, diskusi, analisis, penugasan
c.
Model : STAD
VII.
Langkah – langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter yang Dibangun
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi
· Guru dan siswa mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas)
Motivasi
· Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
· Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
|
5 Menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru menjelaskan pengertian perjuangan.
|
25 Menit
|
-
Cinta
tanah
air
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter yang Dibangun
|
2
|
Elaborasi
· Guru memberikan Tanya jawab serta penjelasan perjuangan bangsa
sebelum proklamasi kemerdekaan.
· Guru dan siswa mengkaji peristiwa perjuangan bangsa sebelum
proklamasi kemerdekaan.
Konfirmasi
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
-
Rela berkorban
|
3.
|
Kegiatan Penutup
· Siswa dan guru membuat kesimpulan
· Post test dengan umpan balik
· Tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi
minggu berikutnya.
|
10 Menit
|
|
2.
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter yang Dibangun
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi
· Guru dan siswa mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas)
Motivasi
· Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
· Guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
|
10
Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru menjelaskan tentang perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun
1908.
|
60 Menit
|
-
Cinta
tanah air
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter yang Dibangun
|
|
Elaborasi
· Guru memberikan penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan, siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang.
· Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan
dengan ciri – ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah tahun
1908.
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, sementara
kelompok lain menanggapi.
|
|
-
Demokrasi
-
Menghargai
Prestasi
|
3
|
Kegiatan Penutup
· Siswa dan guru membuat kesimpulan
· Tindak lanjut dengan memberikan tugas individu untuk dikerjakan di
rumah.
· Memberikan tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
|
10
Menit
|
|
VIII. Alat / Bahan / Sumber Ajar
1.
Nara Sumber : Guru Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
2.
Media massa / koran / majalah / internet.
3.
Pendidikan Kewarganegaraan,
kelas VII, Pusat Perbukuan, Jakarta 2008.
4.
Pendidikan Kewarganegaraan,
kelas VII, karangan Yudhistira, Jakarta 2011.
5.
Lembar Kerja Siswa Pendidikan
Kewarganegaraan, kelas VII / 1, Tim MGMP Tulungagung 2012.
IX.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif dan
Psikomotor diperoleh dari tes tertulis dan PR.
2.
Penilaian Afektif dan
Karakteristik diperoleh dari pengamatan selama KBM berlangsung.
Instrumen 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
NO
|
SOAL
|
KUNCI
|
SKOR
|
1.
|
Sebutkan pengertian
perjuangan secara umum !
|
Ø Jawaban sesuai hasil kerja siswa
|
30
|
2.
|
Sebutkan pengertian perjuangan pada masa penjajahan !
|
Ø Jawaban sesuai hasil kerja siswa
|
35
|
3.
|
Sebutkan hal termasuk perjuangan
di awal kemerdekaan Indonesia ?
|
Ø Jawaban sesuai hasil kerja siswa
|
35
|
Instrumen 2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
NO
|
SOAL
|
KUNCI
|
SKOR
|
1.
|
Sebutkan bangsa
– bangsa yang pernah menjajah Indonesia !
|
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
|
20
|
2.
|
Sebutkan ciri –
ciri perjuangan sebelum tahun 1908 !
|
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
|
40
|
3.
|
Sebutkan ciri –
ciri perjuangan sebelum tahun 1908 !
|
Ø Jawaban sesuai dengan hasil kerja siswa.
|
40
|
A.
Penilaian Kognitif dan
Psikomotor
Instrumen 1
No.
|
Komponen
|
Kualifikasi
|
Indikator Kemampuan
|
Nilai
|
1.
|
Pengertian perjuangan.
|
Baik
|
Ø Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan.
|
30
|
|
|
Cukup
|
Ø Menjawab kurang benar mengenai pengertian perjuangan.
|
27
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah mengenai Latar belakang
|
25
|
||
No.
|
Komponen
|
Kualifikasi
|
Indikator Kemampuan
|
Nilai
|
2.
|
Pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
|
Baik
|
Ø Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan pada masa
penjajahan.
|
35
|
|
|
Cukup
|
Ø Jawaban kurang benar mengenai pengertian perjuangan pada masa
penjajahan.
|
30
|
|
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah mengenai pengertian perjuangan pada masa penjajahan.
|
25
|
3.
|
Pengertian
perjuangan di awal kemerdekaan
|
Baik
|
Ø Menjawab dengan benar mengenai pengertian perjuangan di awal
kemerdekaan.
|
35
|
|
Cukup
|
Ø Jawaban kurang benar mengenai pengertian perjuangan di awal
kemerdekaan.
|
30
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Komponen
|
Kualifikasi
|
Indikator Kemampuan
|
Nilai
|
|
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah mengenai pengertian perjuangan di awal kemerdekaan.
|
25
|
Penilaian Kognitif dan
Psikomotor
Instrumen 2
No.
|
Komponen
|
Kualifikasi
|
Indikator Kemampuan
|
Nilai
|
1.
|
Bangsa – bangsa
yang pernah menjajah Indonesia.
|
Baik
|
Ø Menyebutkan dengan benar bangsa-bangsa yang pernah menjajah
Indonesia.
|
20
|
|
|
Cukup
|
Ø Menyebutkan kurang benar bangsa-bangsa yang pernah menjajah
Indonesia.
|
17
|
|
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah
Indonesia.
|
15
|
No.
|
Komponen
|
Kualifikasi
|
Indikator Kemampuan
|
Nilai
|
2.
|
Ciri – ciri perjuangan
sebelum tahun 1908.
|
Baik
|
Ø Jawaban benar mengenai ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
|
40
|
|
Cukup
|
Ø Jawaban kurang benar mengenai ciri -ciri perjuangan sebelum tahun
1908.
|
35
|
|
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah mengenai ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908.
|
30
|
|
3.
|
Ciri – ciri
perjuangan sesudah tahun 1908.
|
Baik
|
Ø
Jawaban benar mengenai
ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
|
40
|
|
|
Cukup
|
Ø Jawaban kurang benar mengenai ciri-ciri perjuangan sesudah tahun
1908.
|
35
|
|
Kurang
|
Ø Jawaban salah mengenai ciri-ciri perjuangan sesudah tahun 1908.
|
30
|
Nilai :
Skor Maksimal : 100
Skor Minimal : 75
B.
Penilaian Afektif
No.
|
Kualifikasi
|
Kriteria Penilaian
|
Predikat
|
|
1.
|
Tinggi
Sedang
Rendah
|
Ø Sungguh-sungguh mengerjakan tugas.
Ø Cukup sungguh-sungguh mengerjakan tugas.
Ø Tidak sungguh-sungguh mengerjakan tugas.
|
A
B
C
|
|
2.
|
Tinggi
Sedang
Rendah
|
Ø Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
Ø Tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.
Ø Tidak mengumpulkan tugas.
|
A
B
C
|
|
C.
Penilaian Karakter
NO
|
SIKAP YANG DIEVALUASI
|
SKALA NILAI
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
2.
3.
|
Cinta Tanah Air
Menciptakan suasana gemar membaca buku tentang
proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Menyampaikan perumusan pokok persoalan menggunakan
bahasa Indonesia dan benar.
Berkomunikasi dengan guru dan atau teman mengenai pengertian
perjuangan dengan bahasa Indonesia yang baik.
|
|
|
85
87
86
|
|
|||
Jumlah Skor
|
86
|
|||||||
Predikat
|
Baik
|
|||||||
NO
|
SIKAP YANG DIEVALUASI
|
SKALA NILAI
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
2.
3.
4.
|
Demokrasi
Dapat berbagi tugas dalam kelompok.
Kesediaan membantu teman yang mengalami kesulitan.
Memberi kesempatan teman mengemukakan pendapat
Bekerjasama dengan teman dalam menyimpulkan informasi
dari tuturan tidak langsung.
|
|
|
84
82
82
80
|
|
|||
Jumlah Skor
|
82
|
|||||||
Predikat
|
Baik
|
|||||||
NO
|
SIKAP YANG DIEVALUASI
|
SKALA NILAI
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
2.
|
Menghargai Prestasi
Memberi kesempatan teman untuk menyampaikan laporan
hasil diskusi.
Menanggapi laporan hasil diskusi dengan bahasa yang
baik dan benar.
|
|
|
87
87
|
|
|||
Jumlah Skor
|
87
|
|||||||
Predikat
|
Baik
|
|||||||
Keterangan : Predikat
:
1 =
Sangat kurang 91
– 100 = amat baik (A)
2 =
Kurang 77
– 90 = baik (B)
3 =
Baik 68
– 76 = cukup (C)
4 =
Sangat baik 40 – 67 =
kurang (K)
…………………..
Mengetahui
No comments:
Post a Comment